Microsoft Office 2013 Review

Setetah 3 tahun Microsoft Office 2010 dirilis, dan setelah 6 bulan sejak dirilisnya Windows 8, Microsoft telah merilis Microsoft Office 2013.

Microsoft Office 2013 menjanjikan banyak peningkatan fitur dan performa dari Microsoft Office 2010 yang semakin memudahkan pekerjaan. Tidak hanya fitur saja, namun user interface dan banyak aspek telah berubah dari versi sebelumnya.

Jadi, apakah Microsoft Office 2013 merupakan upgrade yang menarik dan bisa melanjutkan kejayaan dari Microsoft Office 2010? Bacalah review ini untuk menemukan jawabannya.

clip_image001

System Requirements:

System Requirements untuk Microsoft Office 2013 terlihat cukup mirip dengan Microsoft Office 2010. Tersedia dalam versi 32 bit dan 64 bit.

Processor: 1 GHz
RAM: 2GB
Hard Disk: 3GB free space
Operating System: Windows 7 dan Windows 8

Support Untuk Tablet:

Microsoft Office 2013 tersedia dalam varian untuk tablet, meskipun hanya bisa dijalankan di Windows 8 versi tablet (Windows 8 RT). Semua tablet yang menggunakan Windows 8 RT mendapatkan Microsoft Office 2013 Home and Student edition secara gratis dan sudah diinstalasikan.

Dukungan multi-touch telah disempurnakan, meskipun tetap interface masih jauh lebih enak jika dinavigasi menggunakan mouse.

Edisi Microsoft Office 2013:

Terdapat dua versi distribusi Microsoft Office 2013, yaitu Office 365 dengan Office 2013 tradisional:

· Office 365:

Merupakan edisi subskripsi (sewa software) yang berlaku selama 1 tahun, yang dapat diperpanjang setiap tahun, dan dapat digunakan di 5 perangkat. Terdapat ekstra 20GB storage SkyDrive dan 720 menit telepon internasional gratis Skype selama 1 tahun.

Yang unik dari Office 365 adalah semua edisi mendapatkan akses ke Microsoft Office 2013 Professional.

Terdapat dalam edisi:

o Home Premium – Untuk versi rumahan dan non komersil

o University – Edisi special untuk mahasiswa, seperti versi Home Premium, dapat digunakan selama 4 tahun, tetapi hanya dapat digunakan untuk 2 perangkat

o Small Business Premium – Terdapat tambahan layanan hosting Exchange, SharePoint dan Lync (Small Business tidak termasuk paket Office 2013)

o ProPlus – Terdapat akses untuk Microsoft Office 2013 Professional Plus, untuk 25 pengguna

o Midsize Business – Untuk pengguna bisnis sampai 250 pengguna, terdapat akses untuk Microsoft Office 2013 Professional Plus dan layanan hosting Exchane, SharePoint, dan Lync

o Enterprise – Diperuntukan untuk perusahaan besar

· Microsoft Office 2013:
Merupakan edisi tradisional yang bisa digunakan selama yang anda mau.

Terdapat dalam edisi:

o Home and student – Untuk versi rumahan dan non komersil, terdapat produk word, excel, powerpoint dan onenote

o Home and Business – Untuk pengguna bisnis kecil, terdapat tambahan produk outlook

o Standard – Untuk pengguna bisnis menengah, terdapat tambahan produk publisher (hanya tersedia dalam volume licensing)

o Professional – Untuk pengguna bisnis besar, terdapat tambahan produk access

o Professional Plus – Untuk pengguna bisnis besar yang memerlukan tambahan fitur, terdapat tambahan produk InfoPath dan Lync (hanya tersedia dalam volume licensing)

Fitur Baru Microsoft Office 2013:

Start Screen:

Saat pertama kali pengguna membuka program office 2013, pengguna akan disapa oleh start screen, dimana pengguna bisa memilih dokumen dari tema yang sudah tersedia, atau untuk membuka dokumen yang baru dibuka.

clip_image002

Fitur ini merupakan sesuatu yang bagus ditambahkan, meskipun beberapa pengguna yang tidak menggunakan templates akan merasa terganggu. Tetapi fitur ini dapat dimatikan.

Ribbon yang baru:

Desain Microsoft Office 2013 telah berubah, dari desain yang menggunakan banyak efek transparan dan ikon yang memanjakan mata menjadi desain yang simple dan minimalis.

clip_image004

Meskipun perubahan user interface terasa sekali ketika pengunaan pertama kali, tetapi perbedaan tidak begitu besar jika dibandingkan dengan Microsoft Office 2010.

Salah satu fitur yang menarik yaitu ribbon yang dapat di auto-hide

clip_image005

Integrasi dengan SkyDrive:

Salah satu fitur yang menarik dari Microsoft Office 2013 yaitu tombol sign in di ujung kanan atas layar, yang setalah di sign in akan memunculkan nama mengguna.

Lebih dari itu, pengguna akan ditawarkan opsi untuk menyimpan dokumen di Windows Live SkyDrive. Sesuatu perubahan yang lebih mencolok, yaitu pengguna akan menyimpan dokumen secara default di SkyDrive.

clip_image007

Selain dari dokumen, settings juga akan disimpan dan disamakan setiap pengguna melakukan sign in dengan menggunakan device lain.

Online Video:

Selain dari media yang disimpan di dalam komputer, pengguna dapat menampilkan media yang terdapat dari internet, seperti video di youtube.

clip_image008

Ini dapat memudahkan pengguna, karena dalam versi office sebelumnya, video dari youtube tidak dapat ditampilkan di dalam dokumen.

Read Mode:

Orang sering menggunakan Microsoft Office untuk membuat dokumen, dan untuk pekerjaan tersebut sudah biasa. Namun jika orang ingin membaca dokumen atau presentasi yang panjang, pengguna harus menggeser scrollbar, karena tidak semua isi dari dokumen tersebut muat di satu layar. Tentu itu tidak natural. Dalam versi office terbaru ini, ada read mode yang memungkinkan pengguna membaca dokumen seperti halnya membaca buku.

clip_image009

Dengan fitur ini, tidak ada acara scrolling scrollbar ketika membaca dokumen panjang, dan membaca di Microsoft Office akan menjadi lebih natural.

Resume Reading:

Jika anda menggunakan Microsoft Office versi terdahulu dan anda sedang mengerjakan dokumen panjang, setelah anda menutup dokumen dan ingin membuka kembali, pasti dokumen akan dibuka dimulai dari halaman pertama. Tetapi di versi terbaru, maka setelah dokumen dibuka, halaman dimana anda terakhir bekerja akan terbuka.

clip_image010

Tentu fitur ini sungguh berguna untuk anda yang sering bekerja dengan dokumen yang panjang

Animasi User Interface:

Animasi User Interface terlihat lebih mulus dan lebih elegan dibanding versi office sebelumnya. Contoh animasi yaitu ketika anda sedang mengetik, memilih kolom di excel, atau scrolling dokumen. Semua terlihat lebih halus.

Microsoft Word 2013:

Membuka dan Meng-edit File PDF:

Sebuah fitur unik dari Microsoft Word 2013 yaitu file PDF dapat dibuka dan di-edit layaknya file dokumen.

Microsoft Excel 2013:

Flash Fill:

Mengisi data dalam excel tentu membuat frustrasi, jika Microsoft Excel tidak mengenal pattern dari pengisian data. Namun dalam Microsoft Excel 2013, pengenalan data ditingkatkan dan dengan menggunakan fitur flash fill, Microsoft Excel akan mempelajari data yang diisi, sehingga lebih banyak jenis data yang dapat di fill.

clip_image011

Analisa Data:

Fitur ini memungkinkan pembuatan tabel atau grafik dari data yang sudah ada tanpa merubah data yang sudah ada.

clip_image012

Juga terdapat fitur yang melakukan rekomendasi grafik bedasarkan jenis data anda

clip_image013

clip_image014

Microsoft PowerPoint 2013:

Presenter View Baru:

Presenter View merupakan view yang sangat penting untuk presentasi di dua layar. Dalam versi ini, presenter view telah ditingkatkan fiturnya.

clip_image015

Sekarang presenter view dapat dibuka meskipun hanya mempunyai 1 layar.

Widescreen:

Powerpoint 2013 mendukung format widescreen, dimana kebanyakan tv dan monitor menggunakan resolusi widescreen.

clip_image016

Tidak hanya widescreen, powerpoint masih mendukung format layar tradisional

Online Meeting:

Sekarang powerpoint mempunyai fitur online meeting, dimana pengguna dapat menampilkan slide show kepada banyak orang secara online

clip_image017

Konklusi:

Terdapat banyak peningkatan dan perubahan di Microsoft Office 2013 ini, beberapa perubahan terorientasi untuk membuat Microsoft Office tablet and touch friendly. Namun tidak semua perubahan untuk tablet. Juga terdapat banyak perubahan dimana fitur tersebut menghemat waktu dan memberikan nilai tambah kepada pengguna. Perubahan yang ditawarkan cukup banyak, tetapi tidak membuat pengguna harus mempelajari software ini kembali.

Semoga artikel ini berguna

Tag:, , , ,

Trackbacks / Pingbacks

  1. TUGAS PENGANTAR SISTEM INFORMASI (REVIEW PRODUCT) - ayasnindya's blog - Sabtu, 26 September 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: