Windows 8 Review

Setelah hampir 3 tahun windows 7 dirilis, edisi preview pengganti windows 7,  yaitu windows 8 telah dirilis beberapa minggu lalu.

Windows 8 ini menjanjikan banyak peningkatan performa dan fitur dari windows 7 yang semakin memanjakan pengguna komputer, namun juga mempunyai banyak perubahan yang signifikan dari windows 7 yang mungkin dapat menimbulkan ketidaknyamanan untuk pengguna komputer yang melakukan upgrade.

Jadi, apakah windows 8 merupakan operating system yang cocok untuk melanjutkan kejayaan windows 7? Bacalah review ini untuk menemukan jawabannya.

image

System Requirements:

System Requirements untuk windows 8 terlihat cukup mirip dengan windows7.
Tersedia dalam versi 32 bit dan 64 bit.

Processor: 1 GHz
Ram: 2GB
Graphics: Direct x 9 compatible dengan dukungan WDDM
Harddisk: 20GB

Support Untuk Tablet:

Dirumorkan, bahwa akan ada tablet berbasis windows 8 yang akan diproduksi oleh Microsoft, bernama Surface.

Akan ada versi windows 8 yang bisa berjalan di processor berbasis ARM, yang biasa dipakai oleh tablet. Namun, versi ini tidak dijual terpisah, tidak dapat diinstall di tablet non-microsoft dan harus dibeli bersama dengan tablet. Sayangnya, windows 8 ARM edition hanya dapat menjalankan aplikasi untuk ARM, dan tidak dapat menjalankan aplikasi untuk PC.

Tablet tersebut dirumorkan mempunyai sistem keamanan “Secure Boot” yang menghindari instalasi operating system lain.

Edisi Windows 8:

  • Windows 8 – Diperuntukan untuk pengguna rumahan
  • Windows 8 Pro – Diperuntukan untuk pengguna professional
  • Windows 8 Enterprise – Diperuntukan untuk perusahaan besar
  • Windows 8 RT (ARM Edition) – Edisi Tablet, hanya untuk tablet

Fitur Baru Windows 8:

Metro Apps:

Sebuah perubahan yang sangat mencolok dari windows 8 ini adalah digantinya start menu dengan Metro Apps. Interface ini sangatlah mirip dengan user interface tablet pada umumnya. Dengan perubahan ini, sangat jelas bahwa Microsoft ingin memasuki pasar tablet, yang sekarang didominasi oleh Apple dan Google.

image

Sangat jelas bahwa interface tersebut sangatlah mirip tablet. Namun tenang saja, Desktop lama masih dapat dibuka dan aplikasi desktop lama dapat berjalan di windows 8 versi PC, meskipun dengan tombol start yang sudah tidak ada.

Pada umumnya, terdapat aplikasi pembaca email, chat, kalendar, foto, musik, video, peta, cloud dan beberapa sumber informasi lainnya, seperti cuaca, berita dan lain-lain.

Suatu perubahan signifikan dari versi windows ini adalah dimasukannya Windows Store, yang merupakan tempat untuk membeli aplikasi, seperti Apple Appstore dan Android Store.

Login Screen dan Lock Screen: Mode autentikasi baru dan interface yang lebih Mirip Tablet

Pada saat pertama kali pengguna menyalakan PC dengan windows 8, maka pengguna akan disapa oleh sebuah lock screen yang baru, beserta login screen yang baru.

image

Untuk membuka lock screen, silahkan klik 2x lock screen atau drag lock screen keatas.

image

Login screen baru yang terlihat simpel.

Terdapat mode autentikasi baru, seperti PIN, pengenalan wajah, dan picture password.

image

Picture Password.

Windows Desktop: Tanpa tombol start dan start menu

Salah satu kejutan terbesar dari windows versi ini adalah tidak adanya tombol start dan start menu, yang tersedia lebih dari satu dekade (Windows 95 – Windows 7). Sekarang digantikan oleh charm dan metro apps. Tetapi, aplikasi lama tetap masih dapat dijalankan di mode desktop (Untuk Windows versi PC). Selain daripada itu, Windows 8 ternyata masih menggunakan Aero interface, yang tidak asing lagi bagi pengguna windows vista dan windows 7.

image

Catatan: pada saat pengguna menyalakan komputer, maka metro apps akan terbuka terlebih dahulu. Desktop dapat diakses dengan meng-klik desktop di metro apps.

Metro apps dapat diakses dengan meng-klik bagian paling kiri bawah pada desktop.

Suatu nilai tambah dari windows 8 adalah lebih terintegrasinya metro apps dengan desktop.

image

Windows Store

Suatu cara untuk Microsoft membuat operating system mereka mirip sebuah tablet adalah dengan memasukan Windows Store, yang memungkinkan pengguna Windows 8 dengan gampang mendapatkan applikasi dari satu tempat, seperti Apple Appstore dan Android Store.

image

image

Untuk menginstall aplikasi, caranya tergolong mudah, tinggal klik ikon aplikasi tersebut, lalu klik download. Namun untuk sekarang, applikasi yang tersedia di Windows Store tergolong sedikit. Tetapi ini adalah hal yang normal karena Metro Apps merupakan suatu kelas baru dari aplikasi windows yang web-based. Tenang saja karena masih biisa menjalankan aplikasi desktop di windows 8 versi PC. Namun pengguna windows 8 ARM tidak dapat menjalankan aplikasi desktop, dan memang metro apps merupakan satu-satunya harapan.

Multimedia: Foto, Musik, dan Video

Terdapat perubahan signifikan terhadap aspek multimedia dari windows 8. Semua fitur multimedia dapat diakses dari metro apps, dan terlihat mirip dengan tablet (dan sedikit mirip dengan windows media center), namun sangat berbeda dari Windows media player.

Applikasi multimedia di windows 8 ini ternyata mempunyai bertema: Ikon yang besar, Interface yang mirip tablet, dan simpel.

Bisa dilihat dengan jelas bahwa Microsoft ingin memperluas mode bisnis windows store dengan menjual musik dan video, mirip mode bisnis itunes.

image

image

Interface music terlihat lebih simpel dengan ikon yang besar.

image

Begitu pula dengan video

image

dan pictures.

Tenang saja, applikasi tersebut mendukung multi-touch jika komputer anda mempunyai monitor sentuh yang mendukung multi-touch.

Patut diingat bahwa windows media player, dan windows photo viewer versi desktop masih tersedia dan bisa diakses dari desktop.

Aplikasi Komplementer: Email, chat, kalendar, peta, berita – Lebih terintegrasi

Aplikasi komplementer tersebut pun tidak begitu berbeda temanya dari aplikasi multimedia diatas: tablet optimized, icon besar, dan simpel. Beberapa bonus dari aplikasi tersebut adalah penyedia layanan internet menjadi lebih terintegrasi dengan windows.

image

News

image

Mail

image

People

image

Cuaca

image

Peta

Terdapat banyak manfaat tambahan dari aplikasi tersebut, seperti lebih terintegrasi dengan windows, dan pembukaan aplikasi internet yang lebih praktis (tidak perlu membuka web browser).

Internet Explorer: Lebih praktis dan terintegrasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa Internet Explorer, browser dari microsoft juga mendapat suatu perubahan user interface yang sangat signifikan. Browser ini menjadi touch and tablet friendly, full screen dan simpel.

image

Terlihat di screenshot tersebut, tombol-tombol terlihat lebih besar dan simpel

image

tetapi dapat disembunyikan dan terdapat lebih banyak space untuk melihat website, yang biasa ditutupi oleh tombol-tombol dan toolbar.

image

Sayang, aplikasi ini masih belum support adobe flash untuk sekarang.

Control Panel versi Metro

Suatu perangkat yang tidak bisa disetting merupakan suatu perangkat yang tidak dapat dipakai dengan optimal. Tidak dilupakan bahwa windows 8 memperkenalkan “Immersive control panel” untuk memberikan nuansa baru bagi pengguna untuk  mengkonfigurasi perangkat windows 8

image

image

Terlihat user interface lagi-lagi mirip dengan tablet dan terlihat simpel.

Tetapi, control panel versi desktop masih bisa diakses dan memberikan settings yang lebih banyak.

Peningkatan Fitur Windows 8 non-metro:

  • Integrasi dengan Microsoft Account – Memungkinkan sinkronisasi data pengguna dengan cloud
  • Windows Explorer dengan design baru – Dengan penambahan ribbon toolbar yang memungkinkan pengguna melakukan hal-hal yang umum dengan cepat, dan detail operasi file yang lebih mendetail, yang memberikan user statistik detail tentang file yang dicopy/dimove dan resolusi konflik file yang lebih baik.
    image
    image
    image
  • Hybrid Boot – Merubah sistem shutdown menjadi Hybrid Hibernate, menutup semua program, lalu melakukan hibernate untuk mempercepat proses boot.
  • Windows To Go – Fitur untuk menyimpan windows di dalam flash disk / external harddisk untuk membuat windows portable.
  • Refresh and Reset – Pengguna kini dapat memformat windows tanpa memerlukan DVD instalasi windows.
  • Task Manager – Peningkatan fitur dari task manager versi sebelumnya, yang memberikan lebih banyak informasi. Terdapat 2 versi, mode simpel dan advanced.
    image
    Mode Simple
    image
    image
    Mode Advanced
  • Integrasi dengan XBox
  • Windows Storage Spaces – Memungkinkan pengguna untuk menggabungkan 2 harddisk untuk memberikan space harddisk yang lebih banyak
  • Family Safety – Di perbaharui
  • Windows Defender – Sistem proteksi sekarang diperbaharui dengan digabungkannya Windows Defender dengan Microsoft Security Essentials untuk memberikan proteksi antivirus dan antispyware yang full.
  • Windows Secure Boot

Terdapat banyak peningkatan dan perubahan di Windows 8 ini, kebanyakan dari perubahan tersebut mempunyai tujuan untuk membuat Windows 8 tablet friendly, dan mirip dengan user interface tablet. Ini mungkin hal yang baik, tetapi manfaat tersebut tidak begitu terasa jika tablet user interface diimplementasikan di desktop konvensional.

Semoga artikel ini berguna

Tag:, , ,

4 responses to “Windows 8 Review”

  1. W-cH's says :

    Ya, gara2 start menu dihilangkan. Saya jugs tentu kesulitan…

  2. kang soerur says :

    iya tuh … ku jg msh bingung pakw windows 8 … :amazed

  3. W-cH's says :

    Mungkin karena masih app preview…

  4. a says :

    music sam video diwindows release prewiev 8 aku kog gak bisa di buka
    padahal aku udah conection internet
    solusinya gimana??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: